Memperbaiki Tombol Join Microsoft Teams Hilang atau Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 

Microsoft Teams memungkinkan pengguna mengatur meeting, chat satu sama lain dan sebagainya. Dengan Teams, anda juga dapat mengirim file dan memperlihatkan layar anda kepada anggota lain. Namun, beberapa pengguna tidak dapat bergabung ke meeting di Microsoft Teams karena tombol Join tidak ada atau tidak berfungsi. Jika demikian dengan anda, maka artikel ini memiliki beberapa saran yang dapat anda coba jika tombol Join Microsoft Teams hilang atau tidak berfungsi di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

Memperbaiki Tombol Join Microsoft Teams Hilang atau Tidak Berfungsi

Ada opsi dalam Meeting Policies yang memungkinkan admin menonaktifkan tombol Join untuk peserta dan pengguna tamu (guest user). Mungkin demikian halnya dengan anda. Oleh karena itu, sebelum anda melanjutkan ke panduan pemecahan masalah yang disebutkan di bawah dalam artikel ini, minta admin anda untuk memeriksa apakah opsi Allow Meet now in private meetings di Meeting Policies dinonaktifkan atau tidak. Anda juga dapat mencoba merestart perangkat anda dan melihat apakah ini memperbaiki masalah.

Jika tombol Join di Microsoft Teams tetap hilang atau tidak berfungsi, maka anda dapat mencoba solusi berikut untuk memperbaiki masalah ini.

1. Periksa Apakah Anda Telah Memilih Opsi Audio atau Video di Teams

Jika tombol Join sekarang berwarna abu-abu di Teams, maka periksa apakah anda telah memilih opsi video atau audio anda. Sebelum bergabung ke meeting, anda harus memilih opsi video atau audio. Tombol Join Teams tetap tidak dapat diklik hingga anda memilih opsi ini (lihat screenshot dibawah ini).

2. Periksa Pengaturan Tanggal dan Waktu Anda

Pastikan tanggal dan waktu anda benar dan anda telah memilih zona waktu yang benar. Juga, anda harus mengaktifkan opsi Set time automatically. Menurut pengguna, mengatur tanggal dan waktu ke otomatis pada Windows 10 atau Windows 11 telah memperbaiki masalah mereka. Langkah-langkah untuk mengecek Tanggal dan Waktu.

BACA JUGA  Miracle Box (Thunder Edition) V3.25 Cracked Unlock Tool New Update 2021-2022 without Free Password

Di Windows 10:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I dan di jendela Settings pilih Time & Language.
  • Di halaman berikutnya, klik Date & time di panel kiri.
  • Sementara di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  • Setelah itu klik Sync now.

Di Windows 11:

  • Buka Settings Windows dengan menekan tombol Win + I.
  • Selanjutnya di jendela Settings, pilih Time & language di panel kiri dan di panel kanan klik Date & time.
  • Di halaman berikutnya di panel kanan, aktifkan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically.
  • Setelah itu klik Sync now.

Sekarang, keluar dari Microsoft Teams dan restart komputer anda. Setelah merestart perangkat anda, masuk kembali ke Teams. Tombol Join meeting akan muncul kali ini.

3. Hapus Cache Microsoft Teams

Jika anda masih mengalami masalah, maka bersihkan cache Microsoft Teams dan lihat apakah itu membantu. Proses untuk menghapus cache Microsoft Teams akan dijelaskan di bawah ini.

  • Keluar dari Microsoft Teams.
  • Kemudian klik kanan pada ikon Teams di System Tray dan pilih Quit.
  • Setelah itu, tekan tombol Win + R, kemudian masukan jalur berikut dibawah ini dan tekan Enter.

%appdata%MicrosoftTeams
  • Di folder Teams yang terbuka, hapus semua yang ada di dalamnya.
  • Terakhir, restart perangkat anda.
Sekarang, luncurkan Teams. Anda mungkin diminta untuk Sign-in. Sign-in ke Teams dan lihat apakah ini memperbaiki masalah.
4. Sign-out dari Teams pada Semua Perangkat dan Sign-in Kembali
Jika anda Sign-in ke Teams di perangkat yang berbeda, Sign-out dari Teams di semua perangkat. Setelah itu, Sign-in ke Teams kembali di komputer anda dan lihat apakah tombol Join telah muncul. Beberapa pengguna telah menemukan bahwa solusi ini berguna untuk mereka. Mungkin itu juga akan berhasil untuk anda.
5. Coba Teams Versi Web atau Aplikasi Smartphone
Jika anda tidak melihat tombol Join di aplikasi desktop Teams, maka anda bisa bergabung ke meeting dengan Sign-in ke Teams versi web. Selain itu, anda juga dapat menginstall aplikasi Teams di smartphone Android atau Apple anda dan bergabung ke meeting dari perangkat tersebut.
Jika tombol Join tidak muncul di smartphone anda, maka petunjuk berikut mungkin membantu anda bergabung ke meeting dari smartphone anda.
  • Klik meeting yang ingin anda ikuti.
  • Buka Meeting details dan kemudian klik See more.
  • Di bawah bagian Description, klik tautan Join Microsoft Teams Meeting.
BACA JUGA  Menggunakan Reset Windows Update Tool untuk Restore Pengaturan dan Komponen ke Default Secara Otomatis
Setelah itu, anda harus dapat bergabung ke meeting dari smartphone anda. Jika ini tidak berhasil, coba berbagai cara untuk bergabung ke meeting di Teams.
6. Cobalah Berbagai Cara untuk Bergabung dalam Meeting di Teams
Jika tombol Join Microsoft Teams masih hilang atau tidak berfungsi, maka anda dapat mencoba berbagai cara untuk bergabung ke rapat. Mari kita lihat apa saja cara-cara ini.
Bergabung dalam meeting melalui tautan undangan:
Jika admin telah mengundang anda untuk bergabung dalam rapat, maka anda akan mendapatkan tautan Click here to join the meeting dalam undangan rapat. Klik tautan tersebut dan anda akan diarahkan ke halaman dimana anda akan melihat dua opsi, bergabung dengan rapat di web atau download aplikasi Teams. Jika anda telah mendownload aplikasi Teams, maka mengklik tautan tersebut akan membuka aplikasi Teams secara otomatis.
Anda dapat meminta admin untuk mengirimi anda tautan undangan di aplikasi Teams atau melalui email.
Gabung dari Calendar:
Jika rapat terlihat di Calendar Teams, maka anda dapat bergabung ke meeting dari sana. Pilih Calendar dari panel kiri aplikasi Teams dan lihat apakah ada tombol GJoin yang tersedia untuk meeting yang ingin anda ikuti. Jika ya, klik tombol Join.
Bergabung di Channel:
Jika meeting dimulai di Channel, maka anda akan melihat tombol Join disana. Cukup klik tombol Join dan anda akan berada di meeting.
Gabung dari chat:
Tombol Join akan tersedia di daftar chat terbaru anda jika meeting sudah dimulai. Buka chat kemudian klik tombol Join untuk bergabung ke meeting.
Bergabung melalui panggilan:
Metode ini berguna jika anda tidak dapat bergabung ke meeting melalui aplikasi desktop Teams atau aplikasi web Teams. Jika undangan meeting memiliki nomor telepon selain tautan undangan, maka anda dapat dengan mudah bergabung ke meeting dengan menelepon nomor tersebut.
Bergabunglah dari notifikasi:
Solusi ini berlaku untuk iPhone. Jika anda telah menginstall aplikasi Teams di iPhone, maka anda akan menerima pemberitahuan setiap kali meeting dimulai. Anda hanya perlu mengetuk notifikasi untuk bergabung ke meeting. Saat ini, fitur ini hanya tersedia di iPhone. Pengguna Android mungkin mendapatkan fitur ini di masa mendatang.
7. Uninstall dan Install Ulang Teams
Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil untuk anda, maka menguninstall dan kemudian menginstall ulang Microsoft Teams dapat memperbaiki masalah ini.
Semoga membantu anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara mengubah tema Microsoft Teams di Windows 11 atau cara install Microsoft Teams di Linux.
Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki tombol Join Microsoft Teams hilang atau tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.