Memperbaiki Service Intel Rapid Storage Technology Tidak Berfungsi di Windows 10/11

 

Jika service Intel Rapid Storage Technology tidak berfungsi pada komputer Windows 10 atau Windows 11 anda, maka artikel ini menawarkan saran yang pasti akan membantu anda. Intel Rapid Storage Technology (IAStorDataMgrSvc) memberikan notifikasi peristiwa penyimpanan dan mengelola komunikasi antara driver penyimpanan dan aplikasi ruang pengguna.

Apa itu Service Intel Rapid Storage Technology?

Intel Rapid Storage Technology (IRST) adalah service yang memantau penyimpanan di PC anda dan pengelolaannya. Ini juga membantu dalam meningkatkan performa/kinerja PC dan konsumsi daya. Intel Rapid Storage Technology memastikan penyimpanan responsif dan dapat diperluas dengan kecepatan lebih tinggi. Apapun jenis drive seperti ATA (SATA) atau PCIe, anda menggunakan IRST untuk meningkatkan kinerjanya dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Intel Rapid Storage Technology menyimpan file dan folder yang sering anda gunakan ke dalam SSD berperforma tinggi untuk meningkatkan kinerja PC anda secara keseluruhan. Service IRST juga dapat melindungi data dari korup dan juga pemulihan yang lebih cepat dan mudah.

Memperbaiki Service Intel Rapid Storage Technology Tidak Berfungsi

Jika anda menemukan bahwa service Intel Rapid Storage Technology pada PC anda tidak berfungsi, maka anda dapat memperbaikinya dengan beberapa solusi berikut ini.

1. Atur Startup Type ke Automatic

Service Intel Rapid Storage Technology mungkin telah diatur ke Stop sehingga menyebabkan ia berhenti berfungsi di Windows 10 atau Windows 11 anda. Anda dapat mengaturnya ke Automatic untuk membuatnya berjalan secara otomatis saat anda menggunakan PC anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Tekan tombol Win + R, kemudian ketik services.msc dan tekan Enter untuk membuka Services.
  • Di jendela Services, temukan dan klik dobel pada Intel Rapid Storage Technology di panel kanan.
  • Di jendela properties sevice, ubah Startup type dari Automatic (Delayed) menjadi Automatic.
  • Setelah itu, klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.
  • Keluar dari jendela Services dan restart PC anda.
BACA JUGA  Download Kumpulan Custom ROM Android 10 (Q) For Redmi Note 7 Pro [Violet]

Setelah booting, periksa apakah masalah telah teratasi. Jika belum, langjutkan ke metode perbaikan selanjutnya.

2. Update Driver Intel Rapid Storage Technology

Alasan lain untuk service Intel Rapid Storage Technology tidak berjalan di PC anda adalah karena driver yang rusak atau out of date. Anda dapat memperbaikinya dengan mengupdate driver Intel Rapid Storage Technology ke versi terbaru. Anda dapat melakukannya dari Device Manager, dengan mengklik kanan pada Intel® Chipset SATA/PCIe RST Premium Controller setelah memperluas Storage Controllers dan kemudian klik Update driver. Anda juga dapat mengupdate driver melalui Command Prompt jika anda lebih suka bekerja dengan command line.

Setelah mengupdate driver, periksa Startup type sevice Intel RST di jendela Services dan atur ke Automatic jika diatur ke yang lain dan restart PC anda setelah itu. Untuk lebih jelasnya, lihat langkahnya di metode pertama diatas.

Itulah dua metode perbaikan yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah jika service Intel Rapid Storage Technology tidak berfungsi dengan benar di komputer Windows 10 atau Windows 11 anda.

Service Intel Rapid Storage Technology diperlukan untuk kinerja SSD dan PC kita yang lebih baik. Tanpa itu, manajemen penyimpanan dapat menurunkan kinerja PC anda secara keseluruhan.

Semoga membantu anda. Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara menggunakan Cleanup Recommendations di Windows 11 untuk membersihkan ruang disk atau cara membuat dan mengelola ruang penyimpanan dari Settings Windows 10/11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam memperbaiki service Intel Rapid Storage Technology tidak berfungsi di Windows 10 atau Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

BACA JUGA  Contoh Soal Skb Kemendikbud

Leave a Reply

Your email address will not be published.