Cara Mudah Bypass TPM dan Secure Boot untuk Install atau Upgrade Windows 11

 

TPM (Trusted Platform Module) dan Secure Boot adalah beberapa alasan mengapa kebanyakan orang tidak dapat menginstall dan menggunakan Windows 11. Microsoft telah membuat beberapa persyaratan hardware yang ketat sehingga beberapa komputer dilarang untuk menggunakan Sistem Operasi terbaru alias Windows 11. Pada artikel saya lainnya, saya telah menulis cara melewati persyaratan TPM agar dapat menginstall Windows 11, dimana pada artikel tersebut anda dapat mengedit file ISO ataupun registry untuk dapat menginstall Windows 11 di PC anda. Pada artikel kali ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara lain yang lebih mudah yaitu dengan mem-bypass TPM dan Secure Boot dengan mudah untuk menginstall atau mengupgrade Windows 11 menggunakan tool gratis bernama Rufus.

Cara Melewati TPM dan Secure Boot di Windows 11

Ada berbagai metode untuk mem-bypass TPM, namun banyak metode di antaranya mengharuskan anda mengubah banyak hal. Dari mengcopy dan mempaste file yang relevan hingga mengubah registry dan yang lainnya. Kali ini, anda tidak perlu melakukan semua itu dan anda dapat dengan mudah menggunakan aplikasi Rufus untuk melewati TPM yang mengganggu.

Untuk melewati TPM dan Secure Boot agar dapat menginstall atau mengupgrade Windows 11, anda memerlukan Rufus 3.17 atau yang lebih baru. Rufus, seperti yang anda ketahui adalah tool yang memungkinkan anda membuat USB bootable. Anda dapat menginstall OS menggunakan software dan ISO-nya dengan cukup mudah. Dengan Rufus versi terbaru, anda akan dapat melewati TPM dan Secure Boot dengan mudah.

Bypass TPM dan Secure Boot untuk Install dan Upgrade Windows 11

Pertama-tama, kita membutuhkan file ISO Windows 11. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu membuka website resmi Microsoft dan mendownload file ISO Windows 11 pilihan anda. Jadi, lanjutkan dan download file ISO Windows 11 yang benar. Jika anda sudah memiliki file ISO, tidak perlu mendownload yang lain.

BACA JUGA  Memperbaiki Error 80090016 Microsoft Teams di Windows 10/11

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menginstall Windows 11 menggunakan Rufus jika anda tidak memiliki TPM.

  • Download Rufus 3.17 atau yang lebih baru. Anda dapat mendownload versi portabel.
  • Kemudian, buka Rufus dengan mengklik dobel padanya.
  • Sekarang colokkan USB drive anda.
  • Kemudian klik tombol Select dan pilih file ISO Windows 11 yang telah anda download.
  • Dari Image options, klik menu drop-down dan pilih Extended Windows 11 Installation (no TPM/no Secure Boot).
  • Selanjutnya, atur semua detail lainnya dan klik Start.

Tunggu hingga proses selesai dan anda akan dapat membuat USB bootable yang kemudian dapat digunakan untuk menginstall Windows 11.

Jika anda tidak ingin menginstall ISO dari Microsoft.com, maka anda juga dapat mendownload Windows 11 menggunakan aplikasi Rufus. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk melakukannya.

  • Buka Rufus yang telah di install di PC anda (bukan versi portabel).
  • Pastikan bahwa Boot selection diatur ke Disk or ISO image.
  • Kemudian, klik tombol drop-down yang ditempatkan di sebelah Select dan pilih Download.
  • Di jendela Download ISO image, pilih Windows 11 pada bagian Version dan klik Next.
  • Kemudian pilih Edisi, Bahasa, Arsitektur OS yang ingin anda download.
  • Terakhir, klik Download untuk memulai proses download file ISO-nya.

Tunggu hingga proses selesai dan ISO anda akan didownload. Kemudian, anda dapat memeriksa langkah-langkah yang disebutkan di langkah sebelumnya untuk membuat USB bootable tanpa TPM atau Secure Boot.

Setelah anda selesai dengan semua ini, cukup booting dari USB dan ikuti petunjuk di layar untuk menginstall System Operasi Windows 11 pada PC anda.

Jika anda mencoba menginstall Windows 11 dengan metode konvensional, maka anda tidak akan dapat melakukannya. Bahkan, anda tidak akan menerima update Windows 11 konvensional. Saat mencoba menginstall OS melalui ISO, anda akan melihat pesan error yang mengatakan This PC can’t run Windows 11. Itulah mengapa anda perlu mem-bypass TPM untuk dapat menginstall Windows 11 pada hardware yang tidak didukung tersebut. Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang telah saya sebutkan sebelumnya untuk melakukan hal yang sama.

BACA JUGA  iPhone iCloud Fake IOS Tool v1.6.6 by PK3M Unlock Tool New Update 2021-2022 without Free Password

Semoga bermanfaat untuk anda! Anda kemudian dapat membaca artikel saya lainnya tentang cara install Windows 11 di Mac menggunakan Parallels Desktop atau cara memeriksa apakah PC anda dapat menjalankan Windows 11.

Sekian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat dan membantu anda dalam mem-bypass TPM dan Secure Boot untuk install atau upgrade Windows 11. Jangan lupa tinggalkan komentar anda dibawah ini untuk berbagi pemikiran serta pengalaman anda dalam mengikuti tutorial ini. Terimakasih dan GBU. BERSATU LAWAN COVID-19!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.